Faedah Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Aneh Bin Ajaib Ibu Hamil Mengandung Buah NagaTak banyak orang tahu tentang buah naga serta manfaatnya. Buah naga merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Kebanyakan orang mengira buah yang dianggap membawa berkah ini berasal dari Cina.

Mungkin karena buah naga hampir selalu hadir dalam setiap ritual atau upacara adat di Cina. Padahal, buah ini aslinya berasal dari Amerika Latin yang kemudian menyebar ke Israel, Australia, Cina, dan negara Asia Timur lainnya, Srilanka, dan akhirnya Asia Tenggara.


Buah naga memiliki bentuk yang khas, dengan warna merah dan seolah memiliki sisik naga. Buah ini sudah populer sebagai buah yang memberikan rasa lezat dan menyegarkan, dan banyak mengandung nutrisi bermanfaat bagi kesehatan. Menurut penelitian, buah naga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk di konsumsi untuk ibu hamil.


Berikut ini manfaat buah naga yang baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil diantaranya adalah :

 

Membantu pembentukan sel darah merah

BACA:  Hubungan Nucleoprotein Dengan Berbagai Penyakit

Setiap 100 gram buah naga segar diketahui mengandung 0,55 zat besi. Zat besi akan diolah tubuh untuk membentuk sel darah merah, sehingga akan mencegah masalah kurang darah atau anemia. Seperti diketahui, wanita yang sedang hamil sangat rentan terhadap masalah kesehatan yang satu ini.

Sementara itu, bayi dalam kandungan juga sangat membutuhkan pasokan nutrisi dan oksigen yang baik untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Hal itu hanya bisa dilakukan jika ibunya memiliki cukup baik jumlah sel darah merah, di mana yang bertugas untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi. Makan buah naga  secara teratur akan membantu ibu hamil terhindar masalah ini.

Mengandung Karbohidrat

Satu porsi 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 sampai 14 gram karbohidrat. Selama kehamilan, wanita di rekomendasikan mengkonsumsi karbohidrat minimal 135 gram per hari. Karbohidrat adalah sumber utama energi bagi ibu hamil, karena adanya bayi yang sedang tumbuh dalam kandungan.

Mengandung Folat

BACA:  Berat Badan yang Ideal Sebelum Hamil

Buah naga juga mengandung folat dan berdasarkan penelitian,  nutrisi ini sangat diperlukan untuk wanita hamil. Folat juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, dan jika seorang wanita hamil kekurangan folat, kemungkinan besar bayinya bisa mengalami cacat tabung saraf atau Neural Tube, atau cacat pada saraf.

Mengandung serat

Serat makanan akan membantu mengatur fungsi usus yang baik. Konstipasi atau kesulitan BAB adalah masalah umum kehamilan. Dengan demikian, ibu hamil juga perlu untuk memastikan cukup serat agar dapat mengatasi masalah ini. Dalam satu porsi buah naga, diperkirakan mengandung 0,3-0,9 gram serat.

Dietary Reference Intakes merekomendasikan setidaknya 28 gram serat perhari pada saat Anda sedang hamil. Anda bisa menambahkan buah naga untuk campuran salsa buah lain yang juga mengandung banyak serat makanan.

Tinggi nutrisi

Masih ada banyak senyawa lain yang bisa di dapat dari makan buah yang berwarnah cerah ini, seperti vitamin C, fitokimia, protein, kalium, dan masih banyak lainnya. Dengan demikian, buah naga akan banyak bermanfaat untuk ibu hamil sebagai kontributor gizi kompleks bagi ibu dan janin.

BACA:  Apel Mengandung Vitamin dan Mineral yang Baik Bagi Kesehatan

Lebih Khusus lagi, buah naga juga mengandung Vitamin B1, yang  ternyata juga diketahui sangat baik bagi pertumbuhan janin, merangsang penyerapan protein , dan membantu membakar karbohidrat menjadi energi.

Cara Makan buah naga

Mengingat manfaat buah naga sangat penting bagi ibu hamil, mengkonsumsi buah ini sudah pasti sangat dianjurkan. Agar tidak merasa bosan, variatiflah dalam mempresentasikan buah ini sebagai hidangan sehari-hari. Pada dasarnya, buah naga dapat dimakan langsung begitu saja setelah buah di kupas .

Tetapi agar lebih menggugah selera, Anda bisa meraciknya menjadi jus dengan menambahkan susu rendah lemak . Buah naga juga dapat digunakan sebagai tambahan untuk salad buah lezat . Jika Anda suka, buah naga juga dapat dibuat milkshake dengan menambahkan jenis buah lainnya seperti mangga dan apel .