Memilih Olahraga yang Tepat di Bulan Puasa

Memilih Olahraga yang Tepat di Bulan PuasaBila anda melihat biasanya orang-orang disaat bulan puasa tiba seperti bulan ini mereka bila pagi hari banyak yang bekerja atau berolahraga karena disiang harinya tenaga akan berkurang dan mungkin juga anda adalah salah satunya.

Masih banyak yang beranggapan bahwa dengan berpuasa kita membatasi segala macam aktivitas normal. Akibatnya, banyak sekali yang menghabiskan waktu puasa dengan bermalas-malasan. Yang biasanya tidak gemar tidur siang, jadi mendadak suka. Yang biasanya rutin berolahraga setiap sore, malah menghentikan aktivitas itu.


BACA:  Fungsi Karbohidrat Di Dalam Makanan Indonesia

Padahal, dengan tetap aktif selama puasa, tubuh Anda akan semakin sehat. Kuncinya adalah mengatur waktu olahraga Anda.


Saat berpuasa, energi yang Anda miliki tentu saja tak sebesar biasanya. Karena itu, pengaturan waktu dan pemilihan jenis olahraga saat puasa sangatlah penting. Anda bisa mulai dengan berolahraga ringan setelah sahur, yang tak terlalu banyak menguras tenaga, misalnya jalan kaki.

 

Olahraga dengan intensitas berat, seperti lari, sepak bola, basket atau pembentukan otot, sebaiknya Anda lakukan di sore hari, menjelang waktu berbuka. Tentu saja, olahraga-olahraga itu akan lebih menyenangkan jika Anda lakukan bersama keluarga atau teman-teman.

BACA:  Makro dan Mikro Elemen Mineral

Jangan lupa memperhatikan kondisi kesehatan Anda. Jika Anda merasa kondisi badan tidak fit, jangan paksakan tetap berolahraga, atau melakukan olahraga yang berat.