Asam Pangamat atau Vitamin B 15

https://www.gizi.ilmukesehatan.comVitamin-Vitamin yang masih Controversial

Dua jenis vitamin yang ditemukan paling akhir masih merupakan vitamin yang controversial; belum semua ahli menerima kedua zat organic itu sebagai anggota penuh dari kelompok vitamin.


Kedua vitamin yang masih dipersoalkan ini adalah Vitamin B 15 atau asam pangamat (pangamic acid) dan vitamin B 17 atau amygdaline.


Asam pangamat atau Vitamin B 15

 

Asam pangamat atau Vitamin B 15 masih sangat controversial, karena molekulnya mudah sekali terurai menjadi komponen-komponen yang menyusunnya.

BACA:  Fungsi Vitamin B12

Asam pangamat mengandung gugusan methyl yang sangat reaktif, sehingga mempunyai fungsi yang serupa dengan choline dan methionin.

Fungsi vitamin B 15 dalam metabolisme tubuh juga belum jelas benar, dan kebutuhannya juga belum diketahui. Sampai sekarang belum juga dilaporkan adanya kasus dan gejala-gejala tegas karena defisiensi vitamin  ini.

Dari laboratorium sudah dilaporkan berbagai gejala pada defisiensi asam pangamat dan pengaruhnya terhadap berbagai proses metabolisme seluler tersebut.

Disimpulkan bahwa asam pangamat meningkatkan kesehatan sel-sel secara umum dan terdapat data yang menunjukkan bahwa vitamin ini meningkatkan utilisasi oksigen oleh sel-sel. Bekatul beras mengandung Asam Pangamat kadar tinggi.