Fungsi Vitamin K dan Vitamin Yang Larut Air

https://www.gizi.ilmukesehatan.comFungsi Vitamin K

Vitamin K berfungsi didalam proses sintesa prothrombine yang diperlukan dalam pembekuan darah; bahkan mula-mula disangka bahwa vitamin K merupakan komponen dari prothombin itu sendiri.


Fungsi lain yang diusulkan untuk vitamin K ialah sebagai pentranspor electron didalam proses redoks didalam jaringan (sel); pada defisiensi Vitamin K terjadi kekurangan produksi ATP, karena sintesa ATP berkaitan dengan proses redoks tersebut.


Data sekarang menunjukkan bahwa peranan vitamin K pada sintesa protein prothrombine ialah pada fase postribosomal. Pada proses konversi precursor prothrombine menjadi prothrombine. Sintesa prothrombine itu sendiri tidak memerlukan Vitamin K.

 
BACA:  Fungsi Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Dengan kemajuan teori tentang proses pembekuan darah, maka fungsi yang diusulkan untuk vitamin K ini pun semakin bertambah dan kompleks.

Peranan yang diperuntukkan vitamin K sekarang ialah dalam sintesa empat komponen yang berperan didalam proses pembekuan darah: prothrombine, factor VII, factor IX dan Faktor X, dari teori kaskade mengenai pembekuan darah.

Vitamin-Vitamin yang Larut Air

Kedalam kelompok vitamin-vitamin yang larut air dan tidak larut dalam minyak dan zat-zat pelarut lemak, ialah vitamin C dan Vitamin-vitamin B-kompleks.

BACA:  Vitamin B12 atau Cyanocobalamine

Vitamin-vitamin B-kompleks biasanya terdapat bersama-sama didalam bahan makanan tertentu yang sama, ialah sayuran dan biji-bijian, didalam pil yang disebut B-kompleks terdapat 11 jenis vitamin : Thiamin, riboflavin, niacin, pyridoksin, biotin, PABA, inositol, asam pantothenat, asam folat, cholin dan Vitamin B12. Sebagian besar anggota-anggota vitamin B-kompleks diketahui berfungsi didalam ko-enzim.

Vitamin C dapat larut didalam air dan tidak dapat larut di dalam minyak dan zat-zat pelarut lemak, tetapi merupakan kelas tersendiri, tidak satu kelompok dengan vitamin B-kompleks.

BACA:  Faedah Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Fungsi vitamin C didalam proses metabolisme belum jelas, berbeda dengan fungsi sebagian besar vitamin anggota kelompok B-kompleks.