Berbagai Cemilan Sehat Ibu Hamil dari Kacang-Kacangan

Berbagai Cemilan Sehat Ibu Hamil dari Kacang-KacanganHalo, Bu! Bagaimana kondisi kehamilan Anda sampai saat ini? Semoga sehat-sehat saja ya. Ibu hamil tentu akan mangalami fase dimana kondisi makan akan menjadi menurun dimana hal tersebut saat memasuki fase trimester pertama. Masalah morning sickness akan dialami dan semua itu akan dialalui oleh semua ibu yang sedang hamil. Selain dari yang cukup hebat di trimester pertama, kondisi mual dan muntah akan dialami oleh ibu hamil saat masa-masa ini, ibu hamil akan sulit untuk mengkonsumsi makanan yang berat-berat.

Nafsu makan akan kembali normal bahkan meningkat saat Anda memasuki trimester kedua, dengan meningkatnya nafsu makan ini, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa makanan cemilan. Salah satu cemilan yang baik dikonsumsi bagi ibu hamil adalah dari kacang-kacangan seperti yang disebutkan oleh gizi.ilmukesehatan.com di bawah ini.


BACA:  Suplemen yang baik Dikonsumsi Untuk Calon Ibu

Almond


Saat Anda ingin cemilan kacang-kacangan salah satu yang baik Anda konsumsi sebagai cemilan adalah kacang almond. Kacang almond memiliki banyak manfaat apalagi bagi ibu hamil. Beberapa kandungan dari kacang almond adalah kandungan Protein tinggi yang bisa menjaga stamina Ibu selama hamil, Vitamin E sebagai penunjang pertumbuhan rambut dan kulit si Kecil, Serat untuk mencegah konstipasi, serta Asam Folat untuk pembentukan otak dan sistem saraf janin.

 

Kenari

Selain dari kaacang almond, kacang kenari juga memiliki banyak manfaat untuk Anda dan tentunya buat sang janin yang dalam perut Anda. Adapun kandungan yang dimilki oleh kacang kenari adalah kandungan Asam Lemak Omega-3 yang sangat baik untuk mendukung perkembangan sel otak si Kecil. Selain dari itu, kacang kenari juga bisa mencukupi kebutuhan Protein sebesar 4 gram per sajiannya saat hamil.

BACA:  Mengurangi Berat Badan Setelah Menyusui

Mete

Apakah Anda tahu kandungan yang dimiliki oleh kacang mete? dalam 1 ons kacang mete terdapat 4.3 gram Protein, 9 gram Karbohidrat, dan 13 gram lemak baik. Tidak hanya itu, kacang ini juga kaya akan vitamin, Zat Besi, dan Magnesium yang baik untuk menunjang pertumbuhan janin.

Edamame

Apakah Anda sudah tahu dan kenal dengan edamame? Edamame adalah sejenis kacang kedelai jepang. Saat Anda memasuki restoran Jepang dan menemukan kacang berwarna hijau, Ibu tidak harus ragu untuk menyantapnya saat hamil. Kacang atau kedelai ini, tidak terkenal dengan kandungan serat, Protein, Vitamin A, Kalsium, serta Asam Folat yang tinggi sehingga baik untuk Ibu dan juga janin. Olehnya itu sangat baik untuk mengonsumsinya sebagai camilan sehari-hari di rumah, Ibu bisa membeli edamame mentah di supermarket, kemudian rebus hingga matang.

BACA:  Mengenal Eklampsia dan Pre-eklampsia Pada Ibu Hamil

SANGAT PENTING UNTUK DIKETAHUI:

Kacang-kacangan memiliki potensi menimbulkan reaksi alergi, terutama apabila sang Ayah memiliki alergi terhadap kacang yang terhitung cukup berat. Bukan tidak mungkin jika kondisi ini juga diwariskan kepada bayi Anda. Oleh karena itu, sebelum mengambil kacang-kacangan sebagai cemilan Anda sebaiknya dipastikan terlebih dahulu kacang jenis apa yang sesuai dengan kondisi Ibu dan apakah keluarga Anda tidak ada masalah dengan kacang-kacangan.

Bukan saja faktor alergi saja yang perlu diperhatikan. Cara pengolahan kacang juga sangat berpengaruh. Misalnya, kacang yang digoreng dan terasa sangat berminyak dapat menyebabkan aliran darah Ibu melambat sehingga dapat menghambat peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu, pastikan kacang yang Ibu konsumsi sudah diolah dengan baik, seperti dipanggang atau direbus.