Manfaat Buah Naga untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Buah Naga untuk Tumbuh Kembang AnakTentunya Anda sudah tahu jika mengkonsumsi buah sebagai menu makanan sehari-hari sangatlah penting untuk kesehatan apalagi untuk anak yang masih dalam proses pertumbuhan di usia lima tahun. Selain karena ia mulai menyantap berbagai jenis makanan, tubuhnya juga sudah semakin aktif bermain dan beraktivitas sehingga asupan nutrisinya pun harus seimbang.

Banyak buah yang baik untuk tumbuh kembang sang anak salah satunya yang akan kita bahas disini adalah buah naga (Phitahaya) selain manis, buah naga juga memiliki banyak manfaat. Lalu apa saja manfaat buah naga untuk si Kecil? Simak ulasannya di bawah ini!


BACA:  Konsumsi Hati Sapi Bermanfaat untuk Kesehatan

Kaya akan Vitamin C
Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki Vitamin C tinggi. Jadi, Ibu bisa menjadikan buah manis ini sebagai salah satu variasi menu buah-buahan untuk menjaga sistem imun tubuh si Kecil.


Mengandung Antioksidan
Tubuh si Kecil di usianya saat ini sangatlah rentan terkena penyakit. Oleh sebab itu, penting untuk menunjang kebutuhan nutrisinya dengan makanan yang mengandung antioksidan sebagai pencegah radikal bebas. Sering menyantap buah segar ini, juga bisa mencegah kanker sejak dini.

 

Sumber Kalsium, Fosfor, dan Protein
Ketiga mineral ini termasuk zat yang sangat penting demi mendukung tumbuh kembang si Kecil. Baik dari segi pertumbuhan tulang, daya tahan tubuh, dan juga memperbaiki fungsi kerja ginjal.

BACA:  Biji Labu Mampu Atasi Gangguan Prostat

Dapat membantu penyembuhan batuk dan asma
Ketika si Kecil jatuh sakit, banyak Ibu yang memilih untuk mencari obat tradisional untuk meredakan keluhannya. Sebagai obat pereda batuk dan asma, Ibu bisa menyajikannya dalam bentuk jus atau buah potong dan usahakan untuk rutin mengonsumsinya.

Kaya akan serat
Tidak hanya buah jeruk dan pepaya saja yang dapat membantu proses pencernaan si Kecil, buah naga merah juga mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk mencegah konstipasi atau sembelit. Baiknya lagi, buah naga juga memiliki peran penting untuk menunjang pertumbuhan probiotik. Cobalah untuk mengkonsumsi sebanyak dua kali sehari hingga konstipasi terasa membaik. Jika tidak membantu, segeralah berkonsultasi dengan tim medis.

BACA:  Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Sebagai seorang ibu, Anda juga harus tahu satu hal jika anak-anak biasanya mudah bosan dengan penyajian yang itu-itu saja. Jadi, sebagai variasi hidangan, seringkali saya menyajikannya ke dalam bentuk agar-agar atau jus dengan campuran buah segar lain. Dengan demikian, si Kecil bisa tetap semangat menikmati camilan segar, sambil memenuhi kebutuhan nutrisi di masa tumbuh kembangnya.