Bagaimana Cara Seorang Ibu Mulai Menyusui Bayinya?

Bagaimana Cara Seorang Ibu Mulai Menyusui BayinyaBagi seorang wanita yang baru saja melahirkan merupakan kebahagian tersendiri yang akan dirasakan saat menggendong bayi yang dilahirkannya. Sekarang Anda sudah memiliki bayi dan kini saatnya Anda belajar bagiamana cara menyusui bayi Anda. Waktu yang sangat tepat untuk mulai menyusui, saat Anda masih berada di rumah bersalin. Sebab pada mulanya tubuh Anda menghasilkan sejumlah susu yang disebut kolostrum, kolostrum inilah yang akan membantu melindungi bayi dari infeksi. Perut bayi Anda sangat kecil, jadi dia hanya membutuhkan jumlah kecil untuk mengisinya.

Artikel yang diberikan oleh info gizi kali ini akan membantu Anda para ibu yang baru saja melahirkan seputar bagaimana cara untuk memulai menyusui pada bayi, salah satunya dengan membuat Anda rileks dan nyaman selama proses menyusui. Menjelang kelahiran bayi sang ibu harus sudah mengetahui cara menyusui bayi karena ASI yang terbaik, kolostrum muncul pada saat pertama kali ibu memberikan ASI. Berikut ini adalah cara memulai memberikan ASI (menyusui) pada bayi:


Posisi Tubuh Anda


Posisi bayi harus seluruhnya berhadapan dengan Anda yaitu dada Anda dan dada bayi. Sentuh bibir atasnya dengan puting Anda, ketika dia membuka mulutnya lebar-lebar, menariknya ke dada Anda, sehingga bayi mencoba  memegangnya untuk dukungan. Mulut sang bayi harus mencakup seluruh areola ( bagian gelap sekitarnya) bukan hanya puting susu Anda.

 

Anda jangan Panik ketika bayi butuh adaptasi

Ketika mendekatkan puting susu Anda kemulut Anda dan bayi terlihat sulit untuk menemukannya sebaiknya Anda jangan merasa panik. Anda harus tahu sebagai ibu jika menyusui membutuhkan kesabaran dan banyak latihan. Anda jangan ragu untuk meminta bantuan perawat untuk menunjukkan apa yang harus dilakukan pertama kali, dan kunjungan  dari konsultan laktasi saat Anda berada di rumah sakit.

Saat Kondisi bayi premature

Ketika Anda melahirkan bayi yang prematur, kemungkinan besar Anda tidak dapat memberikan ASI pada bayi Anda. Namun solusi yang terbaik buat Anda yaitu dengan memompa ASI Anda. Bayi Anda akan menerima susu ini melalui tabung atau botol sampai dia cukup kuat untuk perawat. Setelah Anda memulai menyusui, ingatlah jika posisi yang membuat Anda dan bayi nyaman. Mulutnya harus mencakup bagian besar dari areola bawah puting, dan puting Anda harus jauh kembali mulut bayi Anda.

BACA:  Wanita Penderita AIDS Apakah Masih Bisa Susui Bayinya?

Kondisi ibu sakit ketika bayi menyusu

Jika latch-on sakit, terisap lagi dengan memasukkan jari kelingking Anda di antara gusi bayi dan payudara Anda, cobalah berulang kali. Setelah bayi Anda terposisikan dengan benar, dia akan melakukan proses laktasi yang membuat anda dan bayi nyaman.

Waktu memberikan ASI

Mungkin  Anda merasa khawatir jika ASI tidak mencukupi kebutuhan bayi, sebab kebanyakan ibu yang menyusui bayinya saat pertama kali tidak adanya cairan ASI yang keluar. Anda harus tahu sebagai seorang ibu jika semakin Anda menyusui, maka akan lebih banyak juga susu produksi ASI di dalam tubuh Anda. Berikan ASI sesuai dengan kebutuhan bayi Anda. Menurut pedoman dari American Academy of Pediatrics (AAP), daripada menyusui sesuai dengan jadwal yang kaku, Anda harus memberikan ASI pada bayi setiap kali dia menunjukkan tanda-tanda awal kelaparan, seperti peningkatan kewaspadaan atau kegiatan, mengucapkan, atau rooting sekitar untuk puting Anda. Idealnya, Anda harus mulai menyusui bayi Anda sebelum ia mulai menangis.

Membangunkan bayi hari pertama diberikan ASI

Selama beberapa hari pertama, Anda mungkin harus dengan lembut membangunkan bayi Anda untuk mulai menyusui, dan dia bisa tertidur lagi pertengahan makan. Untuk menjaga dirinya terjaga selama menyusui dan juga untuk memastikan makan bayi Anda cukup sering, membangunkannya jika sudah empat jam sekali untuk memberikan ASI.

BACA:  Air Susu Ibu

Posisi Nyaman Menyusui di Hari Pertama

Karena menyusui dapat berlangsung hingga 40 menit, terutama di hari hari pertama kelahiran bayi, anda dapat memilih tempat yang nyaman untuk menyusui. Pegang bayi Anda dalam posisi yang tidak akan membuat lengan sakit. Lengan akan mendukung bagian belakang kepala bayi Anda dengan tangan Anda, tetapi posisi yang Anda tergantung kenyamanan yang dapat anda pilih.

Gunakan ganjalan

Jika Anda sedang duduk, bantal menyusui dapat menjadi bantuan besar dalam mendukung bayi Anda. Banyak ibu juga menggunakan tumpuan membantu mereka mendapatkan nyaman. Apakah Anda memilih menyusui duduk atau berbaring? Jangan mulai memberikan ASI sampai Anda dan bayi Anda nyaman karena Anda akan berada di posisi untuk sementara waktu.

Konsumi makanan yang seimbang untuk melancarkan ASI hari pertama

Diet sehat normal merupakan kebutuhan anda saat  sedang menyusui. Meskipun Anda dapat menghasilkan susu untuk bayi Anda. Konsumsi diet seimbang akan memastikan bahwa kuantitas dan kualitas susu Anda semua dapat membantu Anda merasa terbaik Anda. Ikuti rasa lapar daripada menghitung kalori, dan minum cairan sepanjang hari untuk tetap terhidrasi dengan baik.

Jangan berlebihan konsumsi kafein Anda, karena Anda akan lulus kafein bersama bayi Anda dalam ASI Anda dan dapat terakumulasi dalam tubuhnya. Para ahli merekomendasikan membatasi asupan Anda tidak lebih dari 300 mg per hari.
Masalah yang mungkin Anda hadapi ketika memulai memberikan ASI

Beberapa wanita menyesuaikan diri menyusui dengan mudah, tanpa memiliki masalah fisik atau emosional selama menyusu akan tetapi kebanyak ibu baru merasa sulit untuk belajar beradaptasi. Jika Anda merasa berkecil hati, Anda bukan satu-satunya beberapa ibu menyusui lainnya memang merasakan hal tersebut. ( Baca : Solusi Bagi Ibu Menyusui Yang Mengalami Pembengkakan )

Apakah normal untuk merasa kewalahan oleh tuntutan konstan bayi dan kelelahan karena kurang tidur dan Anda mungkin memiliki pertanyaan : Apakah bayi saya mendapatkan cukup ASI? Haruskah saya mengalami puting sakit? Berapa lama seharusnya bayi diberikan ASI? Haruskah membangunkan bayi apabila sedang tidur?

BACA:  Bagaimana Mengatasi Hambatan Dalam Menyusui?

Menyusui tidak selalu dapat dilakukan dengan mudah, banyak wanita mengalami kesulitan sejak awal. Beberapa masalah menyusui yang paling umum yang mungkin Anda alami dalam enam minggu pertama meliputi:pembengkakan (payudara yang terlalu penuh dan tidak nyaman), puting sakit dan juga mastitis (infeksi payudara).

Anda dapat berkonsultasi dengan bidan atau penyedia layanan kesehatan Anda atau juga konsultan laktasi jika Anda mengalami salah satu di kondisi gangguan kesehatan ketika minggu minggu pertama memberikan ASI. Bahkan beberapa ibu menyusui mengalami kondisi sakit atau mengalami ketidaknyamanan fisik ketika memberikan ASI.

Kesimpulan

Dengan demikian proses menyusui memang sangat penting untuk dilakukan di hari pertama kelahiran bayi, meskipun beberapa kondisi ibu dan bayi menjadi salah satu halangan ketika memberikan ASI pertama kali. Pemberian cairan ASI pertama sangat bermanfaat karena mengandung imunitas yang lebih tinggi ketimbang ASI biasa.

Seorang ibu harus tahu tahu jika bersentuhan antara kulit bayi dan kulit ibu akan cepat membantu meningkatkan ikatan batin antara ibu dan anak. Inilah yang menjadi keunggulan memberikan ASI kepada anak di hari pertama. Meskipun beberapa ibu menyusui mengalami kondisi di bulan pertama ketika memberikan ASI, baik secara fisik ataupun psikis. Misalnya mengalami pembengkakan payudara yang membuat ibu sakit dan tidak nyaman. Bicaralah dengan dokter atau bidan tentang masalah kesehatan yang mungkin akan mengganggu ketika anda memberikan ASI pada bayi anda. Anda juga dapat menghubungi rumah sakit atau tempat bersalin, dokter atau bidan, atau dokter anak Anda untuk rujukan.