Protein Kacang Kedelai atau Glycine Max

https://www.gizi.ilmukesehatan.comProtein kacang adalah yang terbaik kualitasnya diantara kacang-kacangan. Kedelai basah mengandung 30.2 g% protein sedangkan yang kering 34.9 g%.

Nilai gizi protein kedelai juga yang terbaik diantara protein kacang-kacangan tersebut, dengan NPU- 72 dan PER- 2.3; sehingga termasuk protein kualitas lengkap.


Telah dikemukakan bahwa kacang kedelai tidak baik dikonsumsi mentah karena mengandung beberapa zat toksik, yang ditiadakan pengaruhnya dengan memanaskannya.


Kacang kedelai telah lama di budidayakan sehingga terdapat berbagai jenis bibit unggul, diantaranya kedelai varietas Davos.

 

Selain dipergunakan untuk dikonsumsi manusia, kedelai dimanfaatkan juga dalam campuran pakan unggas. Pada saat ini kacang kedelai masih diimpor, terutama bagi produksi hasil olah tahu dan tempe serta bagi campuran pakan ayam.

BACA:  Lemak Hewan

Untuk konsumsi manusia, kacang kedelai diolah menjadi berbagai jenis makanan kue kering, disamping diolah menjadi makanan setengah jadi seperti tempe dan tahu.