Penentuan Carbohydrate by Difference dan Mikronutrients

https://www.gizi.ilmukesehatan.comPenentuan Carbohydrate by Difference.

Kadar makronutrient didalam bahan makanan terdapat dalam besaran gram (abu, air, protein dan lipid), sedangkan kadar mikronutrient (vitamin dan mineral) hanya dalam besaran milligram atau microgram, sehingga kadar dua jenis zat gizi yang terakhir ini dapat diabaikan terhadap makro-nutrient.


Jadi berat aliquot (100%) = abu + air + prot. + lipid + carbohydrate. Maka kadar karbohidrate = 100 – (abu + air + protein + lipid).


Kalau satuan disebelah kanan persamaan telah ditentukan dengan percobaan, maka terdapatlah kadar karbohydrat, yang disebut kadar karbohidrate by Difference. Jadi kadar karbohidrate tidaklah betul-betul diteliti sebagai hasil pengukuran tertentu.

 
BACA:  Cara Menghitung Zat Gizi Bahan Makanan

Ke dalam nilai carbohydrate by difference ini termasuk karbohidrat yang tidak dapat dicerna, disamping yang dapat dicerna.

Penentuan mikronutrients

Metoda penentuan mikronutrient (vitamin dan mineral) pada umumnya lebih kompleks dan lebih sulit. Kedalam mikronutrient yang terdapat didalam Analisa Bahan Makanan yang dipergunakan di Indonesia termasuk Vitamin A, Thiamin, Riboflavin dan Vitamin C, lalu Ca, P dan Fe.