Fungsi Niacin atau Asam Nicotinat

https://www.gizi.ilmukesehatan.comFungsi Niacin

Bentuk aktif vitamin ini ialah Niacinamide, yang merupakan komponen dari ko-enzim; ada dua bentuk ko-enzim yang memerlukan niacin:


1. Nicotinamide adenine dinucleotide (NAD), yang dahulu disebut Diphosphopyridine nucleotide (DPN atau disebut pula Co-enzim I) dan


2. Nicotinamide adenine dinucleotide phosphate (NADP), yang dahulu diberi nama Triphosphopyridine nucleotide (TPN) atau Co-enzim II.

 

Kedua ko-enzim ini berperan didalam proses mentranser atom Hydrogen didalam reaksi-reaksi yang menghasilkan energy. Reaksi-reaksi kimia ini berhubungan dengan integritas jaringan , terutama bagi kulit, saluran pencernaan dan susunan saraf.

BACA:  Pencegahan dan Pengobatan Gizi Buruk Pada Anak

Selain fungsinya sebagai enzim, asam nikotinat (bukan niacinamide) menunjukkan pula efek pharmakodinamik sebagai vasodilatator perifer dan menurunkan kadar cholesterol darah.

Fungsi utama NAD dan NADP ialah sebagai ko-enzim yang memindahkan ion hydrogen dari substrat tertentu, bekerjasama dengan enzim dehydrogenase kelas flavoprotein, mentransfer hydrogen atau electron ke enzim lain dalam deretan system redoks.

Proses-proses ini di antaranya terdapat pada reaksi glykolysis, metabolisme pyruvat, biosintesis pentose, dan produksi ATP.