Waspada Konsumsi Telur Berlebih Selama Masa Kehamilan

Waspada Konsumsi Telur Berlebih Selama Masa KehamilanTelur merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dikonsumsi orang. Selain sangat mudah untuk mengelolanya menurut para ahli gizi, telur memiliki kandungan gizi yang sangat padat. Kuning telur mengandung 90% kalsium, mineral, dan juga zat besi. Sedangkan untuk bagian putih telur mengandung 6 gram protein dan 9 asam amino esensial.

Seperti yang kamu sebutkan di atas, untuk merebus, menggoreng telur sangatlah mudah dan praktis sehingga tidak sedikit orang menjadikan telur sebagai makanan untuk dikonsumsi sehari-hari. Begitu juga dengan ibu yang sedang mengandung, banyak menjadikan telur untuk dijadikan menu untuk dikonsumsi selama masa kehamilannya. Inilah yang semestinya harus diketahui oleh kebanyakan ibu yang sedang mengandung.


Pertanyaannya, apakah tidak mengapa jika bumil makan telur tiap hari dan berlebihan sehingga mengalami masalah dengan kandungannya? Sebetulnya ibu hamil makan telur tiap hari tidaklah mengapa. Namun dibalik itu tentunya ada resiko yang harus diketahui jika dalam satu butir telur terdpat kandungan kolesterol kurang lebih 186 mg. Sementara itu, batasan kolesterol yang diperbolehkan dikonsumsi orang dewasa yakni hanya sekitar kurang dari 300 mg kolesterol per harinya.


BACA:  Mengkonsumsi Ikan Bandeng Penuhi Nutrisi Calon Ibu dan Janin

Jadi jika satu buit telur mengandung kurang lebih 186 mg kolestrol, bagiamana jika ibu hamil mengkonsumsi telur lebih dari 1 butir tiap harinya dan ini tentu akan melebih batas kolestol yang semestinya dikonsumsi oleh orang dewasa. Sebaiknya untuk menjaga asupan kolesterol harian dan tidak melebihi batas yang dianjurkan, maka konsumsi 1 butir telur per hari masih diperbolehkan. Namun, jika ibu tidak bisa, sebaiknya konsumsi telur ini dibatasi 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

 

Ibu yang sedang hamil, memiliki kadar kolesterol normal dalam tubuhnya boleh mengkonsumsi 1 hingga 2 butir telur utuh dalam satu hari. Hanya saja jika anda memiliki riwayat kadar kolesterol yang cukup tinggi, sebaiknya hindari mengkonsumsi kuning telur dan santaplah bagian putihnya saja.

Manfaat Konsumsi Telur Selama Masa Kehamilan

Kandungan gizi dalam telur begitu beragam yang aman baik untuk kesehatan, teruatam untuk kehamilan. Adapun beberapa kandungan yang terdapat paa telur diantaranya, protein, lemak, mineral seperti seng, selenium, vitamin A, b kompleks serta vitamin D.

Untuk mengetahui lebih jauh manfaat apa saja yang baik untuk kehamilan ketika mengkonsumsi telur, berikut ulasannya.

BACA:  Faedah Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Kandungan Protein Telur Amat Penting Untuk Kehamilan

Kandungan protein yang begitu tinggi pada telur bermanfaat baik untuk kehamilan, salah satu manfaat dari protein telur baik dalam membangun plasenta. Selain itu, protein juga diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang dalam setiap tahapan pertumbuhan bayi yang ibu kandung. Sebab setiap sel tubuh bayi yang sedang tumbuh tersusun karena adanya protein. Dan, selama masih dalam kandungan, sel-sel tubuh bayi berkembang dengan begitu cepat.

Darinya itu sangat dibutuhkan asupan protein yang cukup tinggi untuk dapat mengimbangi tumbuh kembang sel tubuh bayi yang berlangsung begitu cepat. Selama periode kehamilan, ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi antara 90 hingga 110 gram protein setiap harinya. Sementara itu, terkandung sekitar 6 gram protein dalam telur berukuran sedang. Dengan mengkonsumsi telur setiap hari maka ibu hamil akan dapat memenuhi kebutuhan protein yang diperlukannya.

Manfaat Telur Baik Untuk Otak Bayi

Dalam telur terkandung lebih dari 12 vitamin serta mineral yang penting dan begitu menyehatkan. Selain itu, telur juga tinggi akan kolin, yakni sebuh zat yang bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang serta fungsu dan kesehatan otak bayi. Manfaat dari kolin juga berperan dalam mencegah timbulnya cacat tabung saraf janin. Dengan makan 1 butir telur setiap hari dapat memenuhi hampir setengah dari kebutuhan harian kolin yang disarankan.

BACA:  Defisiensi Asam Folat Pada Kehamilan

Telur Memiliki Kandungan Kalori yang Diperlukan Untuk Menunjang Kesehatan Ibu Hamil Serta Bayi

Dalam tiap satu butir telur dengan ukuran sedang (44 gr) terkandung sekitar 70 kalori. Dimana dalam jumlah angka gizi normal, anita hamil dianjurkan utnuk mengkonsumsi sekitar 200-300 tambahan kalori per harinya. Mengkonsumsi 1-2 butir telur per hari akan dapat membantu ibu hamil dalam mencukupi kebutuhan kalori yang diprlukan selama masa kehamilan.

Demikianlah penjelasan kami seputar konsumsi telur berlebih selama masa kehamilan. Jadi, jika ibu hamil memiliki riwayat kolesterol yang tinggi dalam tubuhnya sebaiknya kurangi mengkonsumsi telur setiap hari. Namun, bagi ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol nomal, mengkonsumsinya setiap hari boleh-boleh saja.