Zat-zat Gizi Makanan Bagi Tubuh Manusia Bagian Pertama

Zat-zat Gizi Makanan Bagi Tubuh Manusia Bagian PertamaMakanan yang tiap harinya kita konsmsi tentunya memiliki kandungan zat gizi yang berfungsi khusus bagi tubuh manusia. Jika dilihat dari kacamata ilmu gizi, fungsi utama zat gizi dalam makanan bagi tubuh dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu sebagai sumber energi, untuk pertumbuhan dan pembangun jaringan tubuh dan sebagai pengatur proses di dalam tubuh.

Secara lengkap gizi.ilmukesehatan.com memberikan macam-macam zat gizi beserta fungsi dan contoh makanannya dibawah ini. Semoga bermanfaat!


Karbohidrat


Fungsi dan kegunaan zat gizi karbohidrat sebagai sumber tenaga utama (menghasilkan energi), sebagai cadangan tenaga bagi tubuh, dan memberikan rasa kenyang. Adapun makanan yang mengandung zat gizi seperti nasi, jagung, talas, singkong, ubi, gandum, roti, sagu, dan lainnya.

 

PENTING Seseorang kekurangan protein maka akan mederita marasmus dengan ciri-ciri :

  • Berat badan kurang dari 60% berat badan sesuai dengan usianya.
  • Suhu tubuh bisa rendah karena lapisan penahan panas hilang
  • Dinding perut hipotonus dan kulitnya melonggar hingga hanya tampak bagai tulang terbungkus kulit
  • Tulang rusuk tampak lebih jelas atau tulang rusuk terlihat menonjol
  • Anak menjadi berwajah lonjong dan tampak lebih tua (old man face))
  • Otot-otot melemah,
  • Mengalami penyusutan jaringan (atropi)
  • Bentuk kulit berkeriput bersamaan dengan hilangnya lemak subkutan,
  • Perut cekung sering disertai diare kronik (terus menerus) atau susah buang air kecil.
BACA:  Protein Kacang Kedelai atau Glycine Max

Lemak

Fungsi dan kegunaan zat gizi lemak sebagai sumber cadangan energi (penghasil energi selain karbohidrat), penghasil asam lemak esensial, sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K, memberi rasa kenyang dan penghemat Fungsi Protein (Protein Sparer).

Lemak nabati diperoleh dari tumbuhan, seperti kelapa, kacang tanah, kemiri, dan alpukat. Lemak hewani berasal dari hewan, misalnya daging, telur, susu, keju, dan mentega.

Protein

Fungsi dan kegunaan zat gizi protein sebagai zat pembangun (untuk membangun sel-sel jaringan tubuh manusia), untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak atau aus, menjaga keseimbangan asam basa pada cairan tubuh dan sebagai penghasil energi.

Sumber protein nabati di antaranya adalah tempe, tahu, kacang-kacangan, dan jamur. Adapun sumber protein hewani adalah daging, ikan, telur, dan susu.

PENTING Apabila seseorang kekurangan protein maka akan mederita busung lapar (kwarsiokor) dengan ciri-ciri :

  • Pembengkakan pada kaki dan tangan
  • Wajah sembab, otot kendur
  • Rambut kemerahan dan mudah putus
  • Muka seperti bulan
BACA:  Sambal Goreng Bula Ayam

Air

Fungsi dan kegunaan zat gizi air sebagai zat pelarut seperti melarutkan zat-zat makanan, melancarkan pencernaan makanan dan mengatur suhu tubuh. Sumber air selain air yang kita minum juga terdapat pada buah-buahan dan sayuran.

Vitamin

Secara umum berfungsi sebagai zat pengatur proses di dalam tubuh. Vitamin dibagi menjadi 2 macam yaitu vitamin yang larut dalam lemak, contoh : vitamin A, D, E, juga K dan vitamin yang larut dalam air, contoh : vitamin B dan C.

Vitamin A  

Fungsi dan kegunaan zat gizi vitamin A menjaga kesehatan mata, membantu daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan kulit. Makanan yang mengandung zat gizi seperti hati, susu, mentega, minyak ikan, kuning telur, sayuran, wortel, buah-buahan yang berwarna merah seperti pepaya dan tomat.

Vitamin B    

Fungsi dan kegunaan zat gizi vitamin B membantu pencernaan makanan, mencegah penyakit beri-beri dan meningkatkan nafsu makan. Makanan yang mengandung zat gizi seperti daging, hati, telur, susu, beras merah, bekatul, dan kacang hijau.

BACA:  Kalorimetri Langsung atau Direct Calorimetry

Vitamin C    

Fungsi dan kegunaan zat gizi vitamin C mencegah sariawan, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, menjaga agar dinding pembuluh darah kuat, menyembuhkan luka dan menjaga tulang, gigi, dan gusi agar tetap sehat. Makanan yang mengandung zat gizi seperti jeruk, nanas, cabai, tomat, dan pepaya.

Vitamin D    

Fungsi dan kegunaan zat gizi vitamin D membantu proses pertumbuhan tulang, mencegah penyakit rakhitis, dan membentuk dan memelihara tulang serta gigi. Makanan yang mengandung zat gizi seperti minyak ikan, kuning telur, susu, keju,mentega, sereal yang telah diperkaya dengan vitamin D dan ikan seperti salmon, mackerel, tuna dan sardines.

Vitamin E    

Fungsi dan kegunaan zat gizi vitamin E mencegah kemandulan, pelindung sel-sel darah merah, menghaluskan kulit dan menyuburkan rambut. Makanan yang mengandung zat gizi seperti Biji-bijian (terutama yang sedang berkecambah), telur, mentega, dan susu.

Vitamin K    

Berguna dalam proses pembekuan darah. Makanan yang mengandung zat gizi seperti sayuran hijau, kacang-kacangan seperti kacang kedelai, susu, kuning telur, bayam, kangkung, biji-bijian dan kubis.