Berbagai Jenis Telur

https://www.gizi.ilmukesehatan.comTelur

Telur unggas juga banyak diperdagangkan dan di konsumsi di Indonesia. Baik telur ayam maupun telur bebek banyak diperdagangkan untuk dikonsumsi; juga akhir-akhir ini dikota-kota diperdagangkan telur burung puyuh, sedangkan telur penyu terdapat dijual didaerah-daerah rertentu saja, dan tidak mempunyai arti penting dalam hidangan rakyat Indonesia secara umum.


Dinegara-negara Barat telur bebek tidak dijual atau di konsumsi; ada sangkaan karena telur bebek mempunyai kecenderungan terkontaminasi oleh bibit penyakit Salmonella yang menyebabkan penyakit typoid, sedangkan telur ayam tidak.


BACA:  Makanan Kaleng Dari Ikan

Meskipun telur bebek sedikit lebih besar dari telur ayam, tetapi komposisi zat-zat gizinya tidak jauh berbeda, kecuali mungkin kandungan lemaknya yang lebih banyak pada telur bebek.

 

Bagian putih telur adalah 58 % dari berat seluruh telur, tetapi sebagian besar zat gizi dan vitamin-vitamin terdapat di bagian merah telur.

Telah dikemukakan bahwa belakangan burung puyuh banyak di budidayakan untuk diambil dan di jual telurnya, terutama di kota-kota.

Ada anggapan masyarakat bahwa telur puyuh mempunyai sifat khusus sebagai obat kuat ( aphrodisiac ), suatu hal yang belum ditopang oleh peneletian ilmiah.