Anemia dan Defisiensi Zat Besi

https://www.gizi.ilmukesehatan.comSejumlah jenis zat gizi memegang peranan dalam pembentukan darah merah ( hemopoesis ). Yang biasa dimaksud dengan pembentukan darah ialah arythrocyl dengan hemoglobin didalamnya.

Zat-zat gizi yang berperan dalam hemopoesis ialah protein, berbagai vitamin dan mineral. Diantara vitamin-vitamin ialah Asam folat, Vitamin B12, Vitamin C, Vitamin E, sedangkan diantara mineral ialah Fe, Cu dan mungkin pula Co. yang paling menonjol menimbulkan hambtan hemopoesis ada dua kelompok.


1. Vitamin : Asam Folat dan Vitamin B12


2. Mineral : Fe dan Cu

 

Hanya anemia desifiensi zat besi ( Fe ) yamg mempunyai luas cakupan nasional di Indonesia dan akan dibicarakan disini. Anemia desifisiensi zat besi memang termasuk problema defisiensi gizi nasional di Indonesia waktu 1988.

BACA:  Memilih Olahraga yang Tepat di Bulan Puasa

Perhatian khusus pada kondisi defisiensi ( Fe ) di Indonesia belum terhitung lama, bukan karena kasus-kasusnya baru timbul belakangan ini, tetapi karena tenaga ahli untuk meneliti dan menangani hal itu baru terdapat setelah dasawarsa tujuh puluhan di Indonesia.

Dengan adanya para ahli yang sanggup meneliti kasus anemia ini, tampaklah problema anemia defisiensi zat besi ini semakin jelas dan semakin luas di kota maupun di daerah pedesaan.