Zat Besi Pada Wanita Hamil

 

https://www.gizi.ilmukesehatan.comZat besi (Fe) lebih mudah diserap dari usus halus dalam bentuk Ferro. Penyerapan ini mempunyai mekanisme autoregulasi yang diatur oleh kadar ferritin yang terdapat didalam sel-sel mukosa usus.

Pada kondisi Fe yang baik, hanya sekitar 10% dari Fe yang terdapat di dalam makanan diserap kedalam mukosa usus, tetapi dalam kondisi defisiensi lebih banyka Fe dapat diserap untuk menutupi kekurangan tersebut.


Ekskresi Fe dilakukan melalui kulit didalam bagian-bagian tubuh yang aus dan dilepaskan oleh permukaan tubuh, jumlahnya sangat kecil sekali, hanya sekitar 1 mg dalam sehari semalam.


BACA:  Mengkonsumsi Ikan Bandeng Penuhi Nutrisi Calon Ibu dan Janin

Pada wanita subur, lebih banyak Fe terbuang dari badan dengan adanya menstruasi sehingga kebutuhan Fe pada wanita dewasa lebih tinggi dari pada laki-laki.

 

Wanita hamil dan sedang menyusukan juga memerlukan lebih banyak Fe dibandingkan dengan wanita biasa, karena bayi yang sedang dikandung juga memerlukan zat besi sedangkan ASI mengandung Fe dalam bentuk lactotransferin yang diberikan kepada anak yang sedang disusukan.

Bayi yang baru lahir dibekali Fe sedikit dari ibunya, sehingga makanannya harus sudah diberi suplemen sumber Fe dalam bentuk sari buah, sejak bulan ke satu atau kedua.

BACA:  Manfaat Minyak Ikan Untuk Wanita

Defisiensi Fe di Indonesia merupakan problema defisiensi nasional dan perlu ditanggulangi secara serius dengan liputan nasional pula.

Upaya prevensi belum diprogramkan secara menyeluruh, baru diberikan suplemen preparat Ferro kepada para ibu hamil yang memeriksakan diri ke puskesmas, rumah sakit atau dokter.

Sebagai percobaan sudah dilakukan upaya suplementasi Fe bagi beberapa pekerja perkebunan, tetapi tampaknya belum dilakukan secara sungguh-sungguh, belum efektif serta belum memasyarakat.

Bertalian dengan pemakaian pil Keluarga Berencana, terdapat bukti-bukti bahwa pil ini meningkatkan pembuangan Fe, sehingga untuk menggantikan Fe yang terbuang ini telah disuplementasikan pil Ferro kepada paket pil KB tersebut.