Preformed Vitamin A dalam Makanan

https://www.gizi.ilmukesehatan.comPreformed vitamin A dalam bahan makanan hewani terdapat dalam bentuk ester dengan asam lemak, terutama dengan asam stearad, asam palmitad dan asam oleat.

Vitamin A aldehida terdapat didalam telur, baik telur unggas (ayam, bebek) maupun telur ikan. Didalam bahan makanan tidak terdapat asam vitamin A (retinoic acid) secara alamiah.


Didalam saluran pencernaan, ester vitamin A dihidrolisa dan retinol yang terbebas diserap dengan proses penyerapan aktip melalui epithel dinding saluran usus halus.


Provitamin A diserap sambil diubah menjadi vitamin A (retinol) didalam sel epithel usus. Untuk menghidrolisa ester vitamin A diperlukan enzim yang hydrolases dan untuk pengubahan karotin menjadi vitamin A diperlukan enzim 5,5’ dioksi hydrolase. Enzim ini terdapat terutama didalam sel epithel mukosa usus dan sel hati.

 
BACA:  Fungsi Vitamin K dan Vitamin Yang Larut Air

Untuk penyerapan karotin diperlukan adanya empedu, sedangkan empedu tidak esensial bagi penyerapan preformed vitamin A ini.

Setelah diabsorbsi Vitamin A dijadikan ester kembali dan ditranspor oleh khylomikron melalui ductus thoracicus, masuk kealiran darah di anggulus venosus. Vitamin A kemudian ditangkap oleh sel-sel parenchyn hati.

Sebagian Vitamin A disimpan disel hati, dan sebagian lagi dihidrolisa menjadi retinol dan dikonjugasikan dengan pRBP (plasma retinol binding protein) dan dikeluarkan lagi dari sel hati kedalam aliran darah.

Didalam plasma diikat lagi oleh prealbumin dan sebagai komplek retinol-pRBP-PA vitamin A ini ditranspor dari tempat penimbunan dihati ke sel-sel target yang memerlukan Vitamin A diseluruh jaringan tubuh.

BACA:  Metabolisme Thiamin atau Vitamin B1

Bentuk transport vitamin A di dalam plasma terdapat dua jenis, ialah vitamin A ester di dalam VLDL dan LDL (very low density lipoprotein= chylomikron; low density lipoprotein) sebagai bentuk transport dari usus ke hati dan retinol-pRBP-PA kompleks merupakan bentuk transport dari tempat penimbunan dihati kejaringan sel-sel target yang memerlukan vitamin tersebut.

Timbunan preformed vitamin A didalam sel hati terdapat dalam bentuk ester vitamin A yang berkonjugasi dengan cRBP, ialah RBP yang terdapat didalam cytoplasma; cRBP berbeda dari pRBP, tetapi keduanya berbentuk molekul protein.