3 Golongan Besar dari Fungsi Vitamin A

https://www.gizi.ilmukesehatan.comVitamin A

Terdapat sejumlah ikatan organic yang mempunyai aktifitas vitamin A, yang semuanya mengandung gelang beta ionon di dalam struktur molekulnya.


Ikatan kimia yang mempunyai aktifitas vitamin ini disebut preformed vitamin A, sebagai lawannya adalah provitamin A atau precursor vitamin A, yang terdiri atas ikatan-ikatan karoten.


Deretan homolog preformed vitamin A ialah vitamin A alcohol, vitamin A aldehide dan vitamin A asam. Preformed vitamin A sekarang diberi nama Retinol, dan homolognya retinal dan retinoic acid.

 

Ternyata ada dua vitamin ini, ialah vitamin A1 dan vitamin A2 yang disebut juga dehydro vitamin A. Perbedaan dalam struktur keduanya ialah adanya dua ikatan tak jenuh dalam cincin beta ionon pada vitamin A2, sedangkan vitamin A1 hanya mengandung satu ikatan kembar pada cincin tersebut.

BACA:  Metabolisme Vitamin E

Preformed vitamin A terdapat khusus di dalam bahan makanan hewani, sedangkan bahan makanan nabati hanya mengandung provitamin A, yang disebut ikatan karoten.

Kita dapatkan karoten alpha, beta dan gamma sebagai precursor vitamin A, sedangkan karoten delta, tidak bersifat provitamin A. semua precursor vitamin A mengandung gelang beta ionon, bahkan beta karoten mengandung dua gelang beta ionon.

Bila menyebut vitamin A saja, biasanya yang dimaksud ialah vitamin A1 alkohol.

Sumber vitamin A preformed ialah hati, ginjal; minyak ikan merupakan sumber vitamin A preformed yang dipekatkan dan biasa dipergunakan sebagai obat sumber vitamin A dan vitamin D.

BACA:  Fungsi Vitamin B12

Fungsi vitamin A

Fungsi vitamin A di dalam tubuh mencakup tiga golongan besar:

1. Fungsi dalam proses melihat

2. Fungsi dalam metabolisme umum

3. Fungsi dalam proses reproduksi

Dari semua deretan homolog Vitamin A, asam vitamin A (retinoic acid) hanya dapat memenuhi fungsi dalam metabolisme umum dan tidak menunjukkan aktivitas pada proses melihat dan proses reproduksi.

Bentuk vitamin A lainnya sanggup berperan dalam ketiga fungsi tersebut diatas. Ini terjadi karena Asam vitamin A tidak dapat dikonversi menjadi bentuk lain, tetapi bentuk lain dapat diubah menjadi asam vitamin A.