Berbagai Manfaat Mentega yang Belum Diketahui untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Mentega yang Belum Diketahui untuk KesehatanMentega salah satu bahan yang banyak manfaatnya untuk kehidupan manusia dan paling banyak fungsinya untuk olahan makanan sebagai pelengkap makanan, mentega sering kita temui di berbagai banyak makanan junk food. Banyak orang menganggap bahwa mentega hanyalah pemicu kegemukan yang terdapat pada junkfood karena mengandung lemak yang tinggi tetapi walaupun begitu mentega bukanlah makanan yang dapat membuat tubuh menjadi berlemak.

Apa saja manfaat mentega yang belum diketahui dan sangat baik untuk kesehatan tubuh? Berikut adalah beberapa manfaat jika mengkonsumsi mentega:


Sumber Antioksidan


Salah satu sumber antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain dari itu, mengkonsumsi mentega juga dapat mencegah melemahnya arteri dan saraf. Kehadiran mentega juga diyakini dapat membangun sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lebih kuat.

 
BACA:  Musibah Kelaparan Wilayah

Kaya Akan Vitamin K

Banyak mengkonsumsi mentega sangat membantu mengobati dan menyembuhkan masalah osteoporosis dan arthritis karena mentega kaya akan vitamin K. Selain dari pada itu mentega juga sangat berkhasiat mengatasi nyeri sendi pada wanita serta memperkuat otot-otot.

Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah, Serta Melawan Kanker

Mentega mengandung vitamin A, vitamin E, selenium yang berperan penting sebagai antioksidan sehingga membantu menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan pertumbuhan sel kanker juga mengganggu kesehatan jantung dan pembuluh darah. Senyawa lecithin yang terdapat pada mentega juga membantu metabolisme kolesterol dan jenis lemak lainnya. Hal ini dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah.

BACA:  Hal-hal yang Mempengaruhi Gizi Ibu Hamil

Mencegah Infeksi Jamur

Mentega kaya akan asam laurat yang berfungsi untuk mencegah infeksi jamur pada tubuh. Selain itu, makanan ini juga berguna untuk mencegah terhadap infeksi seperti kurap.

Menyehatkan Mata

Manfaat mentega berikutnya yaitu dapat menyehatkan mata karena kaya akan vitamin A. Di samping itu, mengkonsumsi mentega juga bermanfaat untuk mencegah penyakit tiroid dan mengatasi masalah ketidakseimbangan hormon.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Asam lemak yang ada di dalam mentega, penting untuk menjaga kesehatan fungsi pencernaan karena melindungi dari infeksi saluran pencernaa, terutama pada anak-anak dan lansia.

BACA:  Makanan yang Baik Saat Usia 40 Tahun

Baik Untuk Pertumbuhan  Perkembangan

Hal ini dikarenakan lemak dan kolesterol yang ada didalam mentega dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Sehingga konsumsi mentega juga diperlukan untuk membantu melengkapi gizi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Mencegah berbagai jenis penyakit

Lemak jenuh dalam mentega dipercaya dapat membantu untuk mencegah pembekuan dan tumor. Oleh karena itu mulailah untuk mengkonsumsi mentega tetapi ingat jangan mengkonsumsi mentega dalam jumlah yang berlebihan. Jika anda mengkonsumsi mentega dalam jumlah yang tepat, tentu anda akan mendapatkan manfaatnya.