Karbohidrat Dalam Makanan

https://www.gizi.ilmukesehatan.comDisakarida di dalam bahan makanan juga hanya ada tiga jenis yang mempunyai arti gizi, ialah sukrosa, maltose dan laktosa. Laktosa hanya dijumpai pada hewani, yaitu merupakan jenis gula di dalam air susu, baik susu ibu maupun susu hewan. Sukrosa dan maltose terutama terdapat didalam bahan makanan nabati.

Akhirnya monosakarida didalam bahan makanan juga hanya ada tiga jenis yang mempunyai arti gizi, ialah glukosa, fruktosa dan galaktosa.


Galaktosa merupakan komponen yang karakteristik bagi gula hewan pada laktosa, yang terdapat didalam air susu. Didalam polisakarida, satuan dasarnya ialah glukosa. Kalau polisakarida, dihidrolisa total, akan terurai menjadi molekul-molekul glukosa.


BACA:  Pengaruh Defisiensi Fe

Monosakarida didalam bahan makanan mungkin mengandung lima buah atom karbon disebut pentose, dan mungkin pula mengandung enam karbon disebut heksosa.

 

Didalam tubuh ada pula monosa yang mengandung tiga atom karbon, disebut triosa, dan bahkan ada yang mengandung tujuh buah karbon, disebut heptulosa.

Monosa makanan yang dapat dicerna oleh tubuh, hanya heksosa , sedangkan polisakarida yang terdiri atas molekul-molekul pentose tidak dapat dicerna didalam saluran gastrointestinal, sehingga tidak dapat diserap melalui mukosa usus, dan diekskresikan didalam tinja. Namun demikian, ada molekul pentosa didalam jaringan tubuh, sebagai hasil metabolisme (metabolite).