Zat Makanan Dasar Menurut Ilmu Gizi

Hhttps://www.gizi.ilmukesehatan.comaruslah dibedakan antara bahan makanan dan zat makanan, yang disebut juga zat gizi atau Nutrient. Zat makanan adalah satuan yang menyusun bahan makanan tersebut.

Bahan makanan disebut juga komoditas pangan dalam perdagangan, ialah apa yang kita beli,kita masakdan kita susun menjadi hidangan. Contoh dari bahan makanan ialah beras, jagung, daging, telur dan sebagainya.


Zat makanan bahan  dasar menurut ilmu gizi atau nutrient yang kita kenal ialah:


  1. Karbohidrat atau hidrat arang
  2. Protein atau zat putih telur
  3. Lemak,
  4. Vitamin-vitamin, dan
  5. Mineral

Ada kelompok ahli gizi yang menambahkan air dan oksigen sebagai makanan pula, tetapi pendapat ini belum diterima oleh semua ahli. Alasan menambahkan kedua zat ini sebagai zat makanan, ialah karena pada proses metabolisme zat gizi, selalu diperlukan air dan oksigen atau zat asam merupakan zat yang sangat penting pula dalam pengolahan zat makanan di dalam tubuh.

 
BACA:  Nilai Kadar Gizi Jagung

Yang tidak menyetujui dimasukkannya air dan zat asam kedalam kelompok zat gizi karena kedua zat itu umumnya sangat mudah didapat.

Perbedaan antara zat air dan zat asam disatu pihak dengan zat-zat gizi lainnya dipihak lain, ialah bahwa air dan zat asam merupakan zat-zat tuggal, sedangkan zat gisi lainnya merupakan suatu kelompok ikatan-ikatan yang berbeda, tetapi dianggap mempunyai fungsi yang sama ditinjau dari sudut ilmu gizi.

Karbohidrat misalnya, adalah nama kelompok bagi ikatan-ikatan organic yang mempunyai fungsi menghasilkan energy dan mempunyai karakteristik sejenis.

BACA:  Fungsi Zat Belerang dan Zat Chlor

Karbohidrat terdiri atas unsure-unsur C, H,O dan merupakan polyalcohol. Berbagai jenis karbohidrat melalui jalur yang sama dalam garis besar proses metabolismenya.

Lemak juga merupakan kumpulan ikatan-ikatan organic dengan berbagai struktur molekul, tetapi mempunyai karakteristik yang sama, yaitu larut didalam zat-zat pelarut tertentu; juga melalui proses metabolisme yang dalam garis besarnya sama.

Demikian pula, vitamin dan mineral merupakan kumpulan dari berbagai zat atau ikatan dengan struktur yang berbeda-beda, tetapi mempunyai jalur metabolisme yang dalam garis besarnya sama.

BACA:  Mengapa Harus Mempelajari Ilmu Gizi

Lain halnya dengan air dan oksigen, yang masing-masing hanya terdiri atas satu jenis struktur molekul, ialah H2O dan O2. Betul ada air berat dan ozon, tetapi kedua zat terakhir ini kwantumnya sangat kecil,  sehingga dapat diabaikan.