Info Gizi yang Terdapat pada Kupang (Corbula Faba)

 

Info Gizi yang Terdapat pada Kupang (Corbula Faba)Pastinya bagi Anda yang berada di Indonesia tidak sudah mengenal kupang atau karang putih yang memiliki bahasa latin (Corbula Faba). Pada artikel yang dibagikan oleh info gizi kali ini akan membahas tuntas seputar gizi-gizi yang terkandung oleh hewan yang biasanya hidup di lumpur air asin dan pinggir pantai, dimana habitat hidupnya menempel pada rerumputan dan tetumbuhan laut dengan karakteristik ombak yang tenang dan tidak terlalu besar.

Di Indonesia yang garis pantainya sangat panjang dan laut mendominasi wilayahnya, sangat memungkinkan sebarannya merata di semua wilayah. Bagi Anda yang sering berkunjung ke daerah sepanjang pesisir pantai, akan menjumpai dan merasakan kupang dalam berbagai bentuk produk olahan makanan ataupun ragam jenis masakan, seperti kerupuk kupang, petis kupang dan lontong kupang. Namun untuk mengenal dan mengetahui kandungan gizinya, berikut ini uraiannya.


BACA:  Cara Mengetahui Kecukupan Air Susu Ibu (ASI)

Kupang segar mengandung gizi, terutama protein, yang cukup banyak. Komponen gizi yang terkandung dalam daging kupang meliputi kadar air 75,70%, kadar abu 3,09%, kadar protein 10,85%, kadar lemak 2,68%, dan kadar karbohidrat 1,02%.


Kupang juga memiliki sumber asam amino esensial yang baik. Kupang putih maupun kupang merah memiliki 17 asam amino, sedangkan dari 17 asam amino tersebut terkandung 10 macam asam amino esensial yang diperlukan untuk tubuh, antara lain : treonin, valin, metionin, isoleusin, leusin, fenilalanin, lisin, tripsin, histidin, dan arginin. Asam amino esensial tidak dapat dibentuk oleh tubuh manusia, tetapi harus didapat dari makanan sehari-hari.

 
BACA:  Khasiat dan Manfaat Milo Bagi Tubuh

Kandungan mikronutrien kupang yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu Fe (zat besi) dan Zn (zinc/seng). Zat besi diperlukan dalam tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah, sedangkan Zinc merupakan komponen penting beberapa enzim untuk metabolisme dalam tubuh. Kupang juga mengandung asam-asam lemak yang dibutuhkan tubuh manusia. Kupang merah mengandung 8,97 LA (asam linoleat), 2,77% EPA (eikosapentanoat), 3,65% DHA (asam dokoheksanoat). Sedangkan kupang putih mengandung 12,31% LNA (asam linoleat), 6,52% EPA, dan 6,61 DHA. Asam lemak esensial omega-3 membentuk komponen yang melancarkan transportasi oksigen dan nutrisi makro (protein, lemak, dan karbrohidrat) ke dalam sel-sel tubuh sehingga dapat membantu pembuangan produk sisa metabolisme seperti karbondioksida dari sel, sedangkan EPA sangat efektif mengurangi kerusakan otot.

BACA:  Bahaya Memberikan Air Putih Pada Bayi Dibawah Usia 6 Bulan

Demikianlah uraian tentang kandungan gizi yang dimiliki oleh kupang, semoga dapat memberikan manfaat dan membuka wawasan bagi kita semua. Uraian lain tentang kerang putih atau kupang ini akan kita lanjutkan pada kesempatan lain.