Fungsi Thiamin atau Vitamin B1

 

https://www.gizi.ilmukesehatan.comTHIAMIN

Penelitian penyakit beri-beri menuju kearah ditemukannya vitamin B1. Bahkan dikemukakannya pengertian vitamin dan penyakit defisiensi adalah sebagai hasil penelitian bitamin B1 ini, yang telah diakukan di Jakarta oleh Eijckman, Grijns, Jansen dan Donath.


Nama vitamin mula-mula dikemukakan oleh Vladimir Funk dengan huruf e dibelakangnya (vitamine), tetapi kemudian diubah menjadi vitamin, tanpa huruf e diakhir kata.


Vitamin B1 merupakan anggota pertama dari suatu kelompok vitamin-vitamin yang disebut B-kompleks. Vitamin B1 larut dalam air, tidak larut dalam minyak dan dalam zat-zat pelarut lemak; stabil terhadap pemanasan pada pH asam, tetapi terurai pada suasana basa dan netral.

 
BACA:  Metabolisme Riboflavin atau Vitamin B2

Fungsi thiamin

Bentuk aktif thiamin adalah didalam coenzim Co-carboksilase sebagai thiamin pyrophosphate atau TPP. Ikatan ini merupakan ko-enzim dari dua jenis enzim:

1. Pyruvate decarboxylase dan

2. Transtolase.

Asam pyruvate mengalami dekarboksilasi untuk menjadi retyl-CoA yang akan dibakar lebih lanjut didalam Cyclus KREBS untuk menghasilkan metabolite berenergi tinggi yang disebut Adenosine triphosphate (ATP).

Transketolase berfungsi dalam pengubahan 6 ribulose-5 phosphate menjadi 5 glukose-6 phosphate, didalam jalur metabolisme Hexosa Monophosphate Shunt (HMP). Kedua reaksi di atas berhubungan dengan metabolisme karbohidrat.

BACA:  3 Golongan Besar dari Fungsi Vitamin A

Defisiensi thiamin memberikan gangguan pada metabolismekarbohidrat yang menghasilkan energy; sehingga mengganggu fungsi organ-organ yang mendapat energynya terutama dari karbohidrat, seperti syaraf, otot dan jantung.

Kehilangan refleks syaraf merupakan gejala fungsional dini pada defisiensi vitamin B1, disusul oleh kelemahan otot dan kelainan kerja jantung.