Fungsi Asam Folat

https://www.gizi.ilmukesehatan.comFolacin

Vitamin ini dibutuhkan untuk menghindarkan anemia. Terdapat sekelompok ikatan organic dengan bioaktifitas vitamin ini, yang sekarang diberi nama Pteroy Glutamic Acid (PGA).


Asam folat berbentuk Kristal berwarna orange kekuningan, tidak berasa dan tidak berbau, larut didalam minyak serta zat-zat pelarut lemak seperti alcohol dan ether.


Struktur asam folat terdiri atas tiga komponen, ialah anti pteridine, asam para amino benzoate (PABA), dan asam glutamate.

 

Asam folat tahan terhadap pemanasan dalam larutan netral dan alkali, tetapi tidak stabil didalam suasana asam dan rusak oleh penyinaran cahaya.

BACA:  Makanan Ringan Sehat dan Lezat Untuk Ibu Hamil

Fungsi asam folat

Bentuk  aktif asam folat ialah tetrahydrofolic (THF atau FH4) suatu koenzim yang mentransfer gugusan formyl, hydroxymethyl), methylene dan formimine, yang terikat pada N4 atau N10.

Proses reaksi-reaksi ini bersangkutan dengan sintesa purine, methionine dan serine. Juga memegang peranan dalam katabolisme histidine.

Pada binatang, asam folat diperlukan untuk pertumbuhan dan kehamilan. Pada segala jenis binatang dan pada manusia asam folat berperan dalam hematopoiesis.

Pada defisiensi asam folat terjadi hambatan sintesa DNA yang berakibat terjadinya precursor erythrocyte megaloblastik. Metabolisme asam folat sangat erat berhubungan dengan fungsi Vitamin B12 dan asam askorbat (Vitamin C).